Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran K 13
Satuan Pendidikan : MAN Gerung
Kelas
/ Semester : X / 1
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Teks Anekdot
Alokasi
Waktu : 4 x 45 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berintekrasi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3 Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan
Bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah,menalar,dan menyajikan informasi lisan dan tulisan melalui teks anedot.
2.1 Menunjukan sikap tanggung
jawab,peduli,responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
membuat anekdot mengenai permasalahan sosial,lingkungan,dan kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator
1. Melalui
diskusi siswa menentukan struktur dan kaidah
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks anekdot yang
ditentukan
2. Melalui diskusi siswa menentukan ciri-ciri
bahasa teks anekdot yang diamati sesuai dengan ciri-ciri bahasa anekdot.
3. Melalui
diskusi siswa menentukan isi teks anekdot sesuai dengan isi yang terdapat dalam
teks anekdot
4.
Melalui diskusi siswa menentukan makna kata istilah,ungkapan dalam teks
anekdot yang diamati sesuai dengan jenis
kata istilah,ungkapan yang merupakan ciri jenis kata istilah,ungkapan
dalam anekdot
5. Melalui
diskusi siswa bisa menginterpretasikan isi teks anekdot sesuai dengan isi teks
anekdot.
C.Tujuan Pembelajaran
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa kelas x semester 1 dapat
menunjukan rasa syukur atas anugrah Tuhan
akan keberadaan Bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks
untuk mempersatu bangsa.
2. Selama
dan setelah proses pembelajaran siswa kelas x semester 1 dapat memiliki sikap
tanggung jawab,peduli,responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menganalisis anekdot baik melalui lisan maupun tulisan.
3. Setelah membaca dan berdiskusi siswa kelas
x semester 1 dapat mengidentifikasi struktur dan kaidah teks anekdot baik
tulisan maupun secara lisan sesuai struktur dan kaidah teks anekdot .
4. Setelah mengamati teks anekdot,siswa kelas x
semester 1 menentukan ciri- ciri bahasa teks anekdot sesuai dengan ciri-ciri
bahasa teks anekdot
5. Setelah berdiskusi siswa kelas x semester 1 dapat
menginterprestasi makna, kata
istilah,ungkapan dalam teks anekdot sesuai
makna kata istilah,ungkapan dalam teks anekdot.
D.Materi
pembelajaran
-
Pengenalan struktur isi teks anekdot
-
Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
-
Pemahaman isi teks anekdot
-
Makna kata,istilah,ungkapan dalam teks anekdot
Lebih
lengkap lihat sumber belajar
Kemdikbud,
2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik Kelas X. Jakarta:Kemdikbud halaman 112 – 113 .Buku Bahasa Indonesia kelas x
terbitan Erlangga. Lebih lengkapnya lihat lampiran 1.
Sumber- sumber yang
relevan.
E.Metode
pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Inquiri
-
Penugasan
F.Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
A.Pendahuluan
|
1.Siswa menjawab
sapaan guru,berdoa dan mengondisikan siswa untuk siap.
2.Guru bertanya jawab
dengan siswa tentang pengertian pelayanan publik.
3.Guru mengarahkan
siswa agar pelajaran kritik dan humor dalam layanan publik dapat
mengembangkan sikap santun,jujur,tanggung jawab,cinta damai melalui kegiatan
belajar teks anekdot.
4.Guru menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
5.Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
6.Guru membentuk
siswa secara berkelompok
|
10
menit
|
B.Inti
|
Mengamati
1.Guru menugasi
siswa mengamati gambar anekdot
2.Siswa mengamati dan membaca teks KUHP dalam anekdot
Menanya
1.Siswa bertanya
tentang hal yang diamati yang
berkaitan dengan teks anekdot,”KUHP”
2.
Guru menjawab pertanyaan siswa tentang
teks anekdot
Menalar
1.Siswa secara
kelompok mencari dan menganalisa contoh lain dari berbagai sumber struktur dan
kaidah teks Anekdot
Mencoba
1.Siswa mendiskusikan
struktur isi teks Anekdot
2 .Siswa mendiskusikan
ciri- ciri bahasa teks anekdot
3.Siswa
mendiskusikan isi teks anekdot
4 .Siswa
menginterprestasikan makna kata,istilah,ungkapan dalam teks anekdot
Mengomunikasikan
1.Siswa mempersentasikan hasil diskusi
2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa
dari kelompok lain untuk menanggapi
3. Guru memberikan
pengukuhan terhadap jawaban siswa
|
70
menit
|
C.Penutup
|
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang
telah dipelajari.
2. Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3. Siswa mengerjakan evaluasi.
4. Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi
pembelajaran yang telah dicapai.
5.Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan
berkaitan dengan teks anekdot.
6. Guru mengkondisikan materi pertemuan selanjutnya
|
10
menit
|
G.Media dan Sumber Belajar
1. Media:
LCD, Laptop, Teks Anekdot
2. Sumber
belajar
Kemdikbud,
2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik Kelas X. Jakarta:Kemdikbud. Buku Bahasa Indonesia kelas x terbitan Erlangga.
H.Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik : Tertulis,Kinerja
2. Bentuk: Uraian
3. Instrumen
Bacalah teks berikut dengan teliti
kemudian jawablah pertanyaan yang terdapat pada teks dengan tepat !
KUHP dalam Anekdot
1.
Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas
sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
2.
Saat sesi tanya jawab, Ali bertanya
kepada pak dosen “Apa kepanjangan KUHP pak?” pak dosen tidak menjawab sendiri
melainkan melemparkannya kepada Ahmad.”Saudara Ahmad,coba dijawab pertanyaan
saudara Ali tadi !” pinta pak dosen.Dengan tegas Ahmad menjawab,”Kasi Uang Habis Perkara, Pak...!”
3.
Mahasiswa lain tentu tertawa,sedangkan
Pak dosen hanya meggelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,”Saudara
Ahmad dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad pertanyaan dosen
dijawabnya dengan tegas,”Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru
yang terbaik Pak...!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang.Mereka
berpandang-pandangan lalu mereka terbahak-bahak.
4.
Gelak tawa mereda .Kelas kembali
berlangsung normal.
Tes tertulis
1.
Apakah yang membuat teks tersebut digolongkan ke dalam teks
anekdot ?
2.
Siapakah partisipan yang digambarkan
dalam anekdot itu ?
3.
Singkatan KUHP pada anekdot di atas
diplesetkan. Apakah maksud dan pesan teks yang dikandung ?
4.
Apakah sindiran itu sampai kepada yang
dituju ?
5.
Tulislah isi teks anekdot “KUHP”dalam
bentuk ringkasan.
6.
Ciri-ciri apa sajakah yang menandai
teks anekdot ?
7.
Tunjukakan unsur lucu atau konyol yang
terdapat di dalam teks anekdot tersebut.
8.
Jelaskan reaksi yang terjadi pada diri
dosen dan pada diri mahasiswaa.
Penilaian proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
Instrumen penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
|
Relijius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
Penskoran
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Dengan tepat dan benar
menjawab pertanyaan pada no 1
|
20
|
2
|
Dengan benar dan tepat
menjawab pertanyaan pada no 2
|
15
|
3
|
Dengan tepat menjawab
pertanyaan pada no 3
|
30
|
4
|
Dengan tepat menjawab
pertanyaan pada no 4
|
15
|
5
|
Siswa dapat menuliskan anekdot dalam bentuk ringkasan dengan benar
|
20
|
Mengetahui Gerung , 10 Juli 2015
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs.
H.AKHMAD WAHIDIN ABDUL
AZIS FARADI,S.Pd
NIP.19605071994031001
NIP.197412312007011160
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Pokok Bahasan : Anekdot
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : 25 menit
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Posting Komentar